Dec 11, 2013

Jalan Kebahagian - Part Akhir

Bila keingin ingin berubah itu kuat, maka berdoalah siang dan malam kepada Yang Empunya diri kita ini. Sesungguhnya keinginan untuk berubah itu pun sendiri datangnya dari Allah.Tak kira la siapa kita dulu, banyak mana dosa kita, tersesat jauh mana kita ni, jahat giler babas kita ni dulu ke or et cetera et cetera. Mohon ampun dan bertaubat lah bersungguh-sungguh. Mohon Allah kasihani diri kita yang hina ini, yang jahil, yang lalai, yang bodoh, yang melampaui batas, yang telah menzalimi diri sendiri, yang tersesat....yang ingin semula ke pangkal jalan. Dan ingatlah sesungguhnya Allah itu Maha Pengampun, Maha Penyayang, Maha Mengasihani akan hamba-hamba dan Allah s.w.t sangat sukakan orang-orang yang bertaubat.

 Dia lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, sebagaimana Dia berfirman, artinya, “Dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu.” (QS. an-Nisa`: 48 dan 116). 



“Dan Dialah yang menerima taubat dari hamba-hambaNya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. asy-Syura: 25). 

 “Orang-orang yang mengerjakan kejahatan, kemudian bertaubat sesudah itu dan beriman; sesungguhnya Tuhan kamu, sesudah taubat yang disertai dengan iman itu adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. al-A’raf: 153). 



“Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. an-Nisa`: 110). 



Begitu juga Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda tentang apa yang beliau riwayatkan dari Rabbnya, artinya, “Wahai anak cucu Adam (manusia) seandainya dosa-dosamu setinggi awan di langit, lalu kamu meminta ampun kepadaKu, niscaya Aku akan mengampuni dosa-dosamu.” (HR. at-Tirmidzi, dan dia berkata, “Hadits hasan shahih.” 

 Allah Subhanahu Wata'ala juga berfirman dalam hadits qudsi, artinya, “Wahai hamba-hambaKu, sesungguhnya kalian melakukan kesalahan (dosa) di waktu malam dan siang hari, sedangkan Aku lah yang dapat mengampuni semua dosa, maka mohon ampunlah kalian kepadaKu niscaya Aku akan mengampuni dosa kalian.” (HR. Muslim).

Selepas bertaubat, maka kenelah beramal. Bagaimana nak beramal jika tiada ilmu. Maka wajib lah menuntut ilmu.

Allah Subhanahu Wata'ala berfirman, artinya, “Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.” (QS. Huud: 114). 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Shalat-shalat yang lima waktu, jum’at ke jum’at, ramadhan ke ramadhan dapat meleburkan dosa diantara keduanya apabila dosa-dosa besar dijauhkan.” (HR. Muslim).

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam juga bersabda, “Dan ikutilah perbuatan buruk/ kejahatan dengan perbuatan yang baik, niscaya dia menghapuskannya.” (HR. at-Tirmidzi dan dia menghasankannya).  


Dan ilmu itu akan membawa kita mengembara ke jalan Ilahi. Maka carilah ilmu, carilah ilmu, carilah ilmu. Ilmu itu kunci dunia dan akhirat. Ilmu itu kunci syurga. Ilmu itu cahaya penyuluh jalan yang gelap. Ya Allah, ampunilah dan kasihihanilah kami. Amin.
 

No comments:

Sembilan Bulan Selepas Pemergian Arwah

Banyak sungguh perubahan hidup ni.... Aku dan anak2 dah pindah...kami tak lagi tinggal di rumah sewa lama Kenapa pindah? Sejujurnya aku...